Etika Profesionalisme Dokter



Etika Profesionalisme Dokter

Salah satu bukti kepedulian negara terhadap rakyatnya adalah ketika seluruh warga negara terjamin kesehatannya. Tampaknya hal ini menjadi kesadaran pemerintah sejak awal melalui program kesehatan yang terjangkau bagi masyarakat. Asuransi kesehatan bagi masyarakat miskin dan obat-obatan yang murah menjadi sal ah satu bukti kepedulian tersebut. Tentu hal tersebut masih harus terus ditingkatkan seiring dengan masalah kesehatan yang melanda masyarakat. Terlebih-lebih dengan sering terjadinya bencana yang membutuhkan bantuan obat-obatan dan rentannya kesehatan masyarakat.Masalah kesehatan ini menjadi semakin penting karena ia menjadi salah satu komponen standar kualitas hidup manusia selain pendidikan dan pendapatan.
Karena itu, wajar apabila Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berharap betul pada para anggota Konsil Kedokteran Indonesia untuk berperan efektif bagi terwujudnya masyarakat yang sehat.

Peran aktif dan efektif tersebut akan terwujud apabila dilakukan melalui hal-hal yang sederhana, seperti pelayanan yang prima dan manusiawi tanpa membedakan latar belakang sosial. Sulit dimungkiri bahwa sampai saat ini masalah kesehatan masih diskriminatif, khususnya untuk rakyat miskin.
Hal ini terkait dengan komponen peralatan dan industri farmasi yang mahal. Namun yang tak kalah penting untuk dipikirkan ke depan adalah perlunya penerapan aspek corporate social responsibility (CSR).

Hal ini terkait pula dengan dokter dalam membangun kerja sama dengan dunia farmasi. Karena itu, tepat sekali ketika Presiden Yudhoyono meminta dokter sebagai kaum profesional memiliki kompetensi, etika, dan moral profesionalisme.

Dengan etika dan moral profesionalisme ini, para dokter tidak semena-mena memperlakukan pasiennya sehinga tidak terjadi malapraktik atau salah diagnosis yang menyebabkan jatuhnya korban yang tidak perlu.

Lebih penting lagi, dokter bekerja bukan sekadar tuntutan profesi, tapi juga bagian dari tugas kemanusiaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: